INFO




KILAS INFO SEPUTAR SUZUKI ERTIGA / SUZUKI RIII



DELHI, KOMPAS.com — Setelah Toyota Avanza-Daihatsu Xenia meluncur resmi, sorotan kini dialihkan ke kompetitor terdekatnya, yaitu Suzuki. Kendati Suzuki Indonesia lebih banyak tutup mulut, nun jauh di India, bakal calon rival Avanza-Xenia tersebut marak diberitakan di internet, baik melalui blog maupun situs resmi media otomotif. Terlebih lagi, pada awal 2012, di ibu kota India akan diselenggarakan New Delhi Auto Expo.

Berita hangatnya, Maruti-Suzuki—produsen mobil nomor satu di negara tersebut—akan memperkenalkan prototipe produksi MPV R3 pada New Delhi Auto Expo, awal Januari mendatang. Menariknya, MPV ini diberi nama yang sangat kental lidah Indonesia, yaitu Ertiga.



Kepastian
Berita terakhir tentang MPV Ertiga datang dari media India, Motoroid, yang mengutip pernyataan Mayank Pareek, Managing Executive Officer Maruti, tentang produk barunya. "Semakin kompetitifnya pasar mengharuskan kami menciptakan dinamika baru. Kami mencoba menawarkan yang terbaik. Model-model baru seperti SUV, MPV, dan MUV membuktikan kepada dunia bahwa kami siap menghadapi masa depan dan perlu mendapatkan umpan balik dari rencana ini," ungkapnya. 
Selama ini bocoran tentang MPV Suzuki tersebut lebih banyak melihat sumber tenaganya, yaitu mesin bensin K14 berkapasitas 1,4 liter (1.372 cc). Mesin ini menghasilkan tenaga 95 PS dan torsi 130 Nm. Dijelaskan pula, karena konsumen India lebih menyukai diesel, khusus di negara tersebut, Ertiga akan menggunakan mesin diesel 1,3 liter DDiS Turbo VGT yang menghasilkan tenaga 90 PS dan torsi 200 Nm.
Wajah depan
Media India menjelaskan, wajah Ertiga sama dengan Ritz, tetapi kenyataannya malah lebih mirip Swift. Hal tersebut tampak pada celah gril dan kap mesin yang bulat. Pastinya, dengan adanya hidung atau area bonet, penampilan Ertiga lebih keren dibanding APV dengan desain monobox.

SUV baru
Diberitakan pula, Maruti berencana memamerkan SUV kompak baru di Delhi Auto Expo. Mobil yang masih dalam fase konsep ini adalah hasil kerja keras para insiyur Maruti-Suzuki bersama Suzuki Motor Corporation. Desainnya dikerjakan selama 9 bulan dengan acuan Swift, SX4, dan A-star. Sesuai rencana pula, SUV tersebut akan disiapkan sebagai produk global.   
Samakah bentuknya seperti yang di India?
Berdasarkan sumber dari Suzuki Indonesia yang diterima Kompas.com dijelaskan, RIII untuk pasar Indonesia memiliki desain lampu belakang dan depan sedikit beda dengan yang di India. Trus, namanya bukan RIII dan bersifat global. Kemudian, dimensinya lebih besar dari Toyota Avanza saat, tapi sedikit lebih kecil dari Nissan Livina.
Suzuki menyandingkan RIII dengan APV untuk bahu-membahu merebut hati konsumen yang menyukai Low MPV 7-Penumpang. "RIII bukan pengganti APV karena segmen pasar yang dituju berbeda. Justru akan jalan sama-sama di segmen ini," jelas sumber itu.
Sumber: Motoroid, Cardekho, Autocar India

Senin, 09/01/2012 09:37 WIB

Laporan dari India

 

Bangun Pabrik Ketiga Suzuki Tanamkan Rp 1,17 Triliun



Syubhan Akib - detikOto
New Delhi
- Produsen mobil Suzuki siap menancapkan kuku lebih dalam di pasar Indonesia. Untuk itu, Suzuki pun siap menyiram dana hingga 10 miliar yen atau sekitar Rp 1,17 triliun.

Berdasarkan informasi yang diperoleh detikOto dari Suzuki, dana sebesar itu akan digunakan oleh PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) untuk membangun sebuah pabrik baru di kawasan Karawang. Pabrik di kawasan timur Jakarta tersebut menurut kabar dari Suzuki Motor Corporation akan menempati lahan seluas 1,3 juta meter persegi.

Lahan pabrik yang tergolong luas itu nantinya akan digunakan sebagai tempat produksi mobil dan motor suzuki dengan persentase kandungan lokal yang akan dipertinggi lagi.

Proses produksi ini akan meliputi berbagai hal mulai dari pembangunan mesin hingga body dan perakitan.

Suzuki sendiri saat ini memiliki dua pabrik di Indonesia dengan kemampuan produksi 1 juta sepeda motor dan 80.000 mobil per tahun. Dengan pabrik baru tersebut, tentu saja invasi Suzuki akan semakin besar.

Pabrik itu pun nantinya akan digunakan sebagai tempat produksi mobil dan motor baru dan kemungkinan akan menjadi tempat produksi Multi Purpose Vehicle (MPV) anyar yang akan Suzuki jual di Indonesia, Ertiga.

Untuk permulaan, Suzuki Ertiga akan dibangun di pabrik di Tambun dan akan segera diperbesar kapasitas produksinya di Karawang



Senin, 09/01/2012 13:10 WIB

Ssst...Ada 4 Mobil Anyar Suzuki di 2012


Syubhan Akib - detikOto
Jakarta - Tahun 2012 baru saja di mulai dan pertarungan untuk merebut hati pasar mobil Indonesia yang kian seksi akan terus berlangsung. Dan Suzuki pun ternyata sudah menyiapkan amunisi barunya. Total akan ada 4 mobil baru yang akan mereka pasarkan di Indonesia pada 2012 ini.

PT Suzuki Indomobil Sales yang menjadi produsen mobil Suzuki di Indonesia kabarnya sedang menyiapkan 4 mobil yang tersebar dalam berbagai model.

"Ada 4 mobil baru di 2012," jelas seorang sumber Suzuki.

Untuk permulaan, sang sumber lalu mengatakan kalau salah satu mobil yang akan diluncurkan di Indonesia adalah mobil anyar bermodel Multi Purpose Vehicle (MPV) yang bernama Ertiga.

Menurut rencana mobil ini akan dipasarkan dalam beberapa bulan ke depan sebelum semester 1 habis. "Mobil ini akan menjadi bintang Suzuki nanti," tambah sang sumber.
Selain Suzuki Ertiga, pabrikan berlambang huruf 'S' tersebut juga sedang menyiapkan 3 model lain yakni sebuah mobil hatchback, sebuah model city car dan sebuah model pikap.

Dengan model-model baru tersebut, Suzuki yakin akan mampu meningkatkan angka penjualan mereka di Indonesia dari sekitar 95 ribu di 2011 lalu menjadi 142 ribu di 2012 ini.

"Itu angka yang realistis. Kami punya produk baru dan akan punya pabrik baru yang akan menambah kapasitas produksi kami. Bila tahun ini pasar mobil kita sampai 950 ribu unit, kami menargetkan mengambil 15 persen diantaranya atau sekitar 142 ribuan," pungkas sang sumber.


Inden Ertiga Dibuka Mulai Februari


Syubhan Akib - detikOto




Jakarta
- Produsen Jepang, Suzuki sudah hampir memastikan akan segera meluncurkan mobil anyar bermodel Multi Purpose Vehicle (MPV) yang bernama Ertiga di Indonesia. Kabarnya, mobil ini akan bisa dipesan mulai pertengahan Februari mendatang.

Seorang sumber di PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan kalau mereka baru akan secara resmi membuka keran inden untuk mobil yang sudah menggunakan sistem penggerak roda depan (front wheel drive-FWD) ini pada bulan Februari mendatang.

"Sebenarnya sudah ada beberapa dealer yang melapor kalau mereka sudah menerima permintaan. Bahkan ada beberapa konsumen yang sudah berani membayar uang muka hanya dengan melihat gambarnya saja di internet. Tapi resminya kami buka SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) di Februari," jelas seorang petinggi Suzuki ini yang tidak mau disebutkan namanya.

Menurut rencana, mobil yang baru saja diperlihatkan di India tersebut akan mulai di produksi di pabrik Suzuki di Tambun. Dan di tahun 2013 mendatang jumlah produksinya akan ditambah seiring dengan pembukaan pabrik baru Suzuki di Karawang yang memiliki lahan hingga 130 hektar.

Sementara untuk peluncurannya, ada kabar yang mengatakan kalau mobil ini akan segera diluncurkan secara resmi pada bulan April mendatang. Jeda antara waktu pembukaan pesanan dengan peluncuran itu akan dimanfaatkan untuk mengirimkan mobil-mobil ke kawasan timur terlebih dahulu.

"Untuk sampai ke Manado saja bisa 3 Minggu, Jayapura 1 bulan. Kami kan tidak mau kalau pas peluncuran Ertiga ada diler yang belum dapat mobilnya, paling tidak untuk display dulu," jelasnya.

Desain eksterior ini berpadu dengan interior yang memadukan dua warna dengan audio system yang sudah dilengkapi dengan USB dan 4 speaker serta 2 tweeter. Sementara untuk pengendara, kontrol audio kini sudah bisa diatur melalui tombol di roda kemudi.

Sementara untuk dapur pacunya, Suzuki menghadirkan 2 pilihan mesin pada mobil yang sudah dilengkapi dengan immobilizer ini yakni mesin bensin 1.4 liter yang merupakan mesin generasi baru dan mesin diesel 1.3 liter.

Untuk mesin bensinnya, Suzuki menaruh mesin K-series berkapasitas 1.4 liter yang mampu memuntahkan tenaga hingga 70 kW di 6.000 rpm dengan torsi 130 Nm di 4.000 rpm.

Sedangkan mesin diesel berkapasitas 1.3 liter sudah memiliki tenaga hingga 66 kW di 4.000 rpm dengan 200 Nm di 1.750 rpm sebagai torsinya. Mesin ini pun sudah dilengkapi dengan teknologi DDiS Super Turbo.

Namun, meski memiliki tenaga yang lumayan, kedua varian Ertiga ini akan datang dengan efisiensi tinggi. Untuk mesin bensinnya, Ertiga mampu membukukan efisiensi hingga 16,02 km/liter, sementara untuk mesin dieselnya mampu mencatatkan efisiensi hingga 20,77 km/liter.

Untuk harganya, Suzuki yang akan melepas Ertiga pada bulan Maret nanti di India, kabarnya akan dilepas dengan harga sekitar Rp 120,7 juta sampai Rp 138 juta.

"Peluncuran Ertiga di Indonesia ini bisa dibilang sebagai rekor baru di Suzuki seluruh dunia. Karena kami mempersiapkan alat-alat produksi mobil ini dengan sangat cepat," pungkasnya.





Jumat, 27/01/2012 15:23 WIB  

Pesanan Dibuka, Ratusan Orang Antre Suzuki Ertiga

Syubhan Akib - detikOto



Jakarta
- Meski belum diluncurkan secara resmi, permintaan MPV Suzuki Ertiga ternyata sudah mulai mengalir. Proses pemesanan mobil ini pun sudah mulai dijalankan dan kabarnya sudah ratusan unit yang terpesan.

Seorang tenaga pemasaran Suzuki di Jakarta bahkan sudah berani menawarkan konsumen untuk membuat SPK (surat pemesanan kendaraan).

Bahkan, si tenaga penjual kepada detikOto mengatakan kalau harga mobil anyar Suzuki ini akan berkisar diantara harga Rp 150 juta sampai Rp 170 juta.

"Sekedar info saja, taking order Ertiga sudah dibuka untuk pemesanan unit (inden) dari sekarang, Rp 5 juta untuk booking unit. Harga berkisar Rp 150 juta sampai Rp 170 juta," pesan si tenaga penjual.

Dan ketika hal tersebut dikonfirmasi ke Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Endro Nugroho, Endro tidak membantahnya.

"Sebenarnya kami mau buka inden resmi pada 1 Februari nanti, tapi permintaan masyarakat sudah meningkat," akunya kepada detikOto, Jumat (27/1/2012).

"Untuk harga, Saya belum bisa bicara, tapi kita berusaha agar bisa dibawah harga itu (Rp 150 juta sampai Rp 170 juta)," tambahnya.

Kepastian menanti kedatangan Suzuki Ertiga sendiri sebenarnya sudah tinggal di depan mata. Rumor mengatakan kalau mobil yang sudah menggunakan sistem penggerak roda depan (front wheel drive-FWD) layaknya sebuah sedan ini akan resmi diluncurkan pada bulan Maret atau April mendatang.

Menurut rencana, mobil yang baru saja diperlihatkan di India tersebut akan mulai diproduksi di pabrik Suzuki di Tambun. Dan di tahun 2013 mendatang jumlah produksinya akan ditambah seiring dengan pembukaan pabrik baru Suzuki di Karawang yang memiliki lahan hingga 130 hektar.



Suzuki Ertiga yang namanya berasal dari gabungan kata "row tiga" atau tiga baris sendiri merupakan mobil 7 penumpang yang memiliki dimensi panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm. Wheelbase mobil ini berada di angka 2.740 mm. Desainnya tampak segar dengan garis yang mengalir dari facia hingga ke buritan.
 



Desain eksterior ini berpadu dengan interior yang memadukan dua warna dengan audio system yang sudah dilengkapi dengan USB dan 4 speaker serta 2 tweeter. Sementara untuk pengendara, kontrol audio kini sudah bisa diatur melalui tombol di roda kemudi.

Sementara untuk dapur pacunya, Suzuki menghadirkan 2 pilihan mesin pada mobil yang sudah dilengkapi dengan immobilizer ini yakni mesin bensin 1.4 liter yang merupakan mesin generasi baru dan mesin diesel 1.3 liter.

Untuk mesin bensinnya, Suzuki menaruh mesin K-series berkapasitas 1.4 liter yang mampu memuntahkan tenaga hingga 70 kW di 6.000 rpm dengan torsi 130 Nm di 4.000 rpm.

Sedangkan mesin diesel berkapasitas 1.3 liter sudah memiliki tenaga hingga 66 kW di 4.000 rpm dengan 200 Nm di 1.750 rpm sebagai torsinya. Mesin ini pun sudah dilengkapi dengan teknologi DDiS Super Turbo.

Namun, meski memiliki tenaga yang lumayan, kedua varian Ertiga ini akan datang dengan efisiensi tinggi. Untuk mesin bensinnya, Ertiga mampu membukukan efisiensi hingga 16,02 km/liter, sementara untuk mesin dieselnya mampu mencatatkan efisiensi hingga 20,77 km/liter.

Melihat spesifikasi seperti itu, tidak heran bila banyak yang tergiur dengan mobil anyar yang akan menjadi lawan bagi Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza yang sudah dianggap sebagai 'mobil pasaran.'

Bahkan kabarnya tingginya permintaan Ertiga ini membuat kaget para petinggi Suzuki. Sebab meski belum diluncurkan resmi, sudah ratusan mobil Suzuki Ertiga yang terpesan.


Senin, 30/01/2012 15:43 WIB

Suzuki: Ertiga untuk Mereka yang Bosan Avanza dan Xenia

Muhammad Ikhsan - detikOto




Jakarta
- MPV sejuta umat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia akan mendapatkan pesaing baru yakni Suzuki Ertiga. Suzuki dengan blak-blakan menuturkan kalau mobilnya itu lebih baik dari kedua MPV paling laris itu.

Hal itu diungkapkan Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Endro Nugroho dalam acara peresmian outlet Suzuki ke-229 di Pamulang, Senin (30/1/2012).

"Ertiga merupakan alternatif yang ingin beli Avanza dan Xenia. Orang bosan dengan yang itu-itu aja. Ini menurut kita sudah waktunya masyarakat mendapatkan pilihan lain," ujar Endro.

Menurut Endro kehadiran Suzuki Ertiga bakal se-booming Avanza dan Xenia meski kehadiran duo MPV tersebut lebih dulu sekitar 7 tahun daripada Suzuki Ertiga.

"Ada selalu alternatif jauh lebih baik. Saya harapkan masyarakat bisa menerima jauh lebih baik lagi. Saya yakin masyarakat Indonesia makin kritis. Ertiga lebih bagus, canggih, sophisticated. Saya percaya masyarakat Indonesia bisa memilih jauh lebih bagus, masyarakat Indonesia berhak mendapatkan lebih baik," tegasnya.

Untuk menjaga dominasi Ertiga, kabarnya Suzuki Ertiga akan berkisar diantara harga Rp 150 juta sampai Rp 170 juta. "Harganya sangat kompetitif seharga Avanza. Yang sangat menonjol desain, interiornya jauh sekali dari kompetitor. Dan faktor keamanan sudah ada ABS, airbag, immobilizer, dan sudah mengadopsi almunium engine," ungkap Endro.


 

Suzuki Ertiga merupakan mobil 7 penumpang yang memiliki dimensi panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm. Wheelbase mobil ini berada di angka 2.740 mm. Desainnya tampak segar dengan garis yang mengalir dari facia hingga ke buritan.

Di India, mobil ini tersedia 2 mesin, bensin dan diesel. Suzuki menyimpan mesin K-series berkapasitas 1.4 liter bensin yang mampu memuntahkan tenaga hingga 70 kW di 6.000 rpm dengan torsi 130 Nm di 4.000 rpm.

Sedangkan mesin diesel berkapasitas 1.3 liter sudah memiliki tenaga hingga 66 kW di 4.000 rpm dengan 200 Nm di 1.750 rpm sebagai torsinya. Mesin ini pun sudah dilengkapi dengan teknologi DDiS Super Turbo.

Namun, meski memiliki tenaga yang lumayan, kedua varian Ertiga ini akan datang dengan efisiensi tinggi. Untuk mesin bensinnya, Ertiga mampu membukukan efisiensi hingga 16,02 km/liter, sementara untuk mesin dieselnya mampu mencatatkan efisiensi hingga 20,77 km/liter.








Sejarah Perkembangan Suzuki Group


·        1970
Untuk menunjukann eksistensi brand Suzuki di Indonesia, maka dibawah bendera PT.INDOHERO STEEL & ENGINERING Co Memperkenalkan produk Roda 2 Type A 100 & FR 70.





·        1976
Di bawah kepemimpinan Soebronto Laras, Group Suzuki memulai produksi kendaraan roda 4 pertamanya Pick Up ST 10 dan mobil penumpang Suzuki Fronte. 





·        1977
Sejalan dengan program lokalisasi pemerintah, Suzuki mengembangkan kendaraan untuk keperluan komersial yaitu Super Carrti ST 20.





·        1979
Produksi dari kendaraan serba guna Suzuki Jimny LJ 80, dan beberapa tipe sepeda motor antara lain GP 100, GP 125 dan TS 100.





·        1981 
Suzuki LJ 80 dikembangkan menjadi SJ 410 dengan pemanfaatan mesin 4 silender 1000 cc yang kemudian hari menjadi mesin standar untuk kendaraan bermotor roda 4 Suzuki di Indonesia. 





·        1983 
Kendaraan komersial Suzuki ST 100 diluncurkan menggantikan ST 20. Pada waktu yang bersamaan, setiap mesin dari kendaraan roda 4 telah melalui proses standarisasi.





·        1986 
Suzuki mendapatkan penghargaan “Market Leader Award” untuk kategori kendaraan roda 4. 





·        1990 
Kendaraan seperti Suzuki Forsa Amenity mulai diperkenalkan untuk memenuhi permintaan pasar yang meningkat untuk kelas sedan 1300 cc.





·        1991 
Peluncuran sepeda motor Suzuki RGR 150, Suzuki Crystal dan Suzuki TRS X-2 di Indonesia. Pada waktu yang sama juga juga diperkenalkan kendaraan roda 4 Suzuki Carry 1.3 dan Suzuki Esteem.





·        1993
Kendaraan Suzuki Vitara 1.6 kendaraan serba guna dengan kenyamanan penumpang dan kapasitas menjelajah penggerak 4 roda (4WD) mulai diperkenalkan ke pasaran.





·        1994
Kesuksesan Vitara diteruskan dengan memperkenalkan Escudo generasi penerus Vitara dengan penggerak 2 roda.

PT. Indomobil Suzuki International memulai bisnis outboard motor, untuk memasarkan outboard motor merek Suzuki di wilayah Indonesia. Untuk itu dibuat divisi baru yang khusus menangani outboard (sales, service dan spare part) yaitu OUTBOARD DIVISION.

Pemasaran khusus untuk mesin type 2 takt, yaitu type DT 2, DT 2.2, DT 4, DT 8, DT 9.9, DT 15 DT 25, DT 40, DT 60, DT 70, DT 85, DT 115, DT 140 dan DT 200. 





·        1995
Pada tahun ini Suzuki Sidekick mulai dipekenalkan dengan harga lebih murah daripada Suzuki Escudo, pada tahun yang sama juga diluncurkan Sepeda Motor Suzuki FD 100 C.





·        1996
Di kelas sedan, Suzuki Esteem 1.6 yang telah berkiprah selama 2 tahun juga mendapatkan perhatian yaitu dengan diluncurkannya Suzuki Baleno 1.6





·        1998
Penghentian pemasaran DT 2.





·        1999
Untuk meningkatkan kepercayaan International, Suzuki mendapatkan sertifikat ISO, dan meluncurkan tipe baru 1.000 cc Suzuki Karimun, kendaraan city car yang efisien. Suzuki Karimun juga mendapatkan penghargaan sebagai kendaraan terfavorite di Jepang.





·        2000
Untuk mencapai efisiensi yang tinggi, sejalan dengan kebijakan pemerintah mengenai pajak, maka Suzuki Baleno dan Futura menurunkan kapasitasnya menjadi 1.500 cc dan Baleno Automatic. Pada tahun yang sama Suzuki meluncurkan Shogun dengan mesin 4 tak.
Penghentian pemasaran DT 4, DT 9.9, DT 60 dan DT 85. Mulai memasarkan mesin type 4 takt, yang pertama adalah type DF 15L. 





·        2001
Suzuki memperkenalkan generasi penerus Escudo 2.0 dengan kapasitas mesin lebih besar (2.000 cc) dan model lebih sporty. 





·        2002
Dengan munculnya trend baru kendaraan baru MPV, Suzuki mengeluarkan produk handalnya yaitu Suzuki Aerio yang mendapat sambutan hangat di masyarakat. Di samping itu Suzuki juga mengeluarkan motor SMASH yang sangat efisien dan irit.
Memasarkan mesin 4 takt, type DF 70, DF 115 dan DF 140. 





·        2003
Sesuai dengan kondisi pasar yang semakin kondusif, Suzuki meluncurkan produk berteknologi tinggi yaitu Grand Escudo XL-7 ( Extra Large 7 Seater). Sedangkan untuk memenuhi permintaan pasar akan kendaraan SUV kelas menengah dengan harga terjangkau diluncurkan Escudo 1.6. Pada tahun yang sama dilakukan peremajaan pada Suzuki Baleno dengan diluncurkan SX4 Sedan. Sementara itu Suzuki Carry yang legendaris itu digarap dengan produksinya yaitu Minibus Personal Van.
Memasarkan mesin 4 takt, type DF 30, DF 50, dan DF 250.
Penghentian produksi mesin 2 takt seluruh type, kecuali type DT 2.2, DT 15 dan DT 40.





·        2004
Suzuki mendapatkan penghargaan menjadi “ Mother Plan Automotive” di kawasan Asia Tenggara dengan memproduksi kendaraan type MPV yang berkelas International, dengan nama APV (Asean Project Vehicle) 1.500 cc. Selain memenuhi permintaan domestik, APV juga di eksport ke beberapa negara lain. Pada tahun yang sama Suzuki meluncurkan kendaraan roda dua 4 tak 125 cc yang handal
Di kelasnya yaitu SHOGUN 125 dan Suzuki SMASH SR 110 yang gesit dan irit. Dan di penghujung tahun yang sama juga diluncurkan sepeda motor bertype Hyperunderbone berteknologi tinggi yaitu SATRIA FU 150.
Mulai memasarkan type DF 200 dan DF 6.
Masih memasarkan type 2 takt hanya untuk type : DT2.2, DT 15 dan DT 40. 





·        2005
Permintaan pasar untuk kendaraan APV semakin meningkat, maka diluncurkan APV Automatik yang memudahkan dalam berkendara. Pada tahun yang sama, SHOGUN meluncurkan generasi penerus dengan design yang lebih sporty dan berjiwa muda dengan kopling manual yaitu Suzuki SHOGUN 125 SP (Sport Production).
Mulai memasarkan mesin 4 takt, type DF 225 dan DF 175.
Penghentian produksi mesin 2 takt untuk type DT 2.2. 





·        2006
Mulai memasarkan type DF 6.
Masih memasarkan type 2 takt hanya untuk type : DT 15 dan DT 40.
Mobil berjenis SUV diluncurkan untuk pertama kalinya yaitu Grand Vitara 2.0. 





·        2007
Dengan tingginya permintaan pasar terhadap mobil Swift maka Suzuki memproduksi dan meluncurkan mobil Swift versi CKD. Sama halnya dengan kendaraan roda 4 berjenis MPV, APV Arena yang merupakan minor change dari APV, diluncurkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pasar yang tinggi. Kendaraan berjenis city car pun turut diluncurkan di tahun ini yakni Karimun Estilo. Kemudian, mobil SX4 sebagai pioneer kendaraan berplatform Cross Over di dunia ini diluncurkan untuk menambah line up produk Suzuki.